Comments Off

Manado Terpilih Menjadi Lokasi Peluncuran E-KTP Nasional

TEMPO Interaktif, Jakarta – Kota Manado, Sulawesi Utara, ditunjuk sebagai daerah tempat peluncuran Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau lebih dikenal dengan sebutan E-KTP.

Manado ditunjuk bersama DKI Jakarta dalam peluncuran KTP elektronik itu.  Manado mewakili Indonesia Timur sebagai tempat peluncuran pertama pelaksanaan  KTP elektronik secara nasional yang baru saja.

ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Manado Evans Stevan Liow mengaku cukup berbangga dengan ditunjuknya Kota Manado sebagai daerah tempat peluncuran E KTP secara nasional. Sebab, Manado terpilih dari 167 daerah yang pada saat bersamaan juga akan menerapkan  KTP elektronik tersebut. “Apalagi di saat bersamaan, Manado disejajarkan dengan Ibu Kota Jakarta, di mana dalam peluncuran E KTP tersebut akan diadakan tele conference dengan pak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” ujarnya, Rabu (13/4).

Liow menjelaskan, dengan adanya peluncuran KTP elektronik yang rencananya digelar Juni tahun ini, masyarakat di Kota Manado terutama yang sudah memiliki KTP manual, bisa memperoleh E KTP gratis dengan hanya menukarkan KTP lama dengan E KTP tersebut. “Tapi untuk gratis itu hanya hingga akhir tahun ini saja,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Manado Harley A B Mangindaan mengatakan dipilihnya Kota Manado karena kesiapan Kota Manado yang sejak awal tahun 2010 sudah melakukan pembenahan pendataan warga. Dalam rapat koordinasi di Jakarta 3 hari lalu, kata dia, Kementerian menyatakan salut dengan data kependudukan di Manado yang dianggap paling rapi. “Makanya Manado kemudian dipilih sebagai tempat launching E KTP secara nasional,” ujarnya.

ISA ANSHAR JUSUF

Filed in: Artikel Berita Tags: , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.