Comments Off

Program KTP Elektronik Proses Tender

KOTA (DP) DumaiPos— Kesiapan Pemerintah menerapkan program KTP elektronik (E-KTP) Agustus mendatang, sudah matang. Selain data base, namun perangkat pendukung program itu saat sekarang sedang dalam proses tender di Kementrian Dalam Negeri RI, Jakarta selama satu bulan lebih.

Jika sudah selesai dilanjutkan proses lelang, lalu pendistribusian perangkat ke daerah. Kepada Dumai Pos, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs HM Nizam MSi menjelaskan, salah satu perlengkapan itu diantaranya mesin sidik jari, mesin atau kamera untuk pemotretan setiap warga yang sudah masuk dalam data base. “Hanya menunggu itu saja. Ya, kita berharap paling lama Agustus sudah mulai. Karena, perkiraan kalau lewat dari bulan itu takutnya jumlah warga masuk data base bertambah lagi,” urainya.

Menurut Nizam, setelah semua perlengkapan sampai di Dumai pihaknya akan melakukan pelatihan tenaga operator sebanyak 30 orang. Dengan rincian, setiap kecamatan 5 orang ditambah dari Disduk Capil. “Barulah sosialisasi gencar dilakukan kepada masyarakat. Nantinya, pembuatan KTP elektronik itu gratis, tanpa adanya pungutan biaya sepeserpun. Warga, cukup datang mem bawa KTP, kemudian berfoto,” ungkapnya. Disinggung belum sampaikan semua nomor induk kependudukan (NIK) kepada warga yang disampaikan melalui RT, pejabat itu menegaskan agar dapat datang ke kantor Disduk Capil, dengan membawa Kartu Keluarga (KK). Meski di KK nomor itu sudah tertera, akan tetapi dokumen itu sangat penting diketahui setiap warga. “Karena, NIK itu berlaku seumur hidup,” imbuhnya. Ia mengharapkan kepada para RT agar segera mendistribusikan NIK kepada warga. Karena, NIK salah satu tahapan menuju program e-KTP. (fit)

Filed in: Artikel Berita

Recent Posts

Bookmark and Promote!

© 2014 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.