0

Walikota Binjai Resmikan KTP Online

BINJAI|OB – Warga Kota Binjai yang ingin mengurus kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) kini tidak perlu lagi datang ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kini, pengurusannya sudah bisa dilakukan di kantor camat setelah Walikota Binjai HM Idaham SH MSi meresmikan pelaksanaan pembuatan KK dan KTP secara online di kecamatan se-Kota Binjai.

Program ini sekaligus mendukung program pemerintah pusat dalam rangka menciptakan sistem pengenalan tunggal, di mana setiap penduduk hanya memiliki satu identitas kependudukan yang disebut nomor induk kependudukan (NIK).

Peresmian dipusatkan di kantor Camat Binjai Utara, kemarin (31/1), dihadiri Dandim 02/03 Langkat Letkol inf Asrul Tanjung, Wakil Walikota Timbas Tarigan, Sekda Iqbal Pulungan, Ketua TP PKK Lisa Andriani M Idaham, Wakil Ketua TP PKK Nany Timbas Tarigan, staf ahli, asisten, kepala SKPD, dan tokoh masyarakat.

Walikota Binjai mengajak masyarakat, untuk mengurus sendiri KK, KTP, akte kelahiran dan identitas diri lainnya. Jangan serahkan urusan tersebut kepala orang lain.

“Dengan mengurus sendiri, saudara cukup membayar Rp 10 ribu untuk pengurusan KTP atau KK,” kata Idaham sembari mengingatkan, agar pengurusan KK dan KTP ke kantor camat jangan sampai justru menyulitkan masyarakat.

Walapun petugasnya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, namun jika ada masalah merupakan tanggungjawab Camat.

Walikota berjanji, waktu pengurusan bisa lebih cepat bila persyaratan lengkap. Meski dalam peraturan daerah ditentukan waktu 14 hari untuk menyelesaikan KK dan KTP, tapi dalam pelaksanaannya untuk KK bisa selesai dalam dua hari dan KTP cukup satu hari.

“Hal ini sesuai apa yang pernah saya janjikan kepada masyarakat bahwa untuk pengurusan KTP dan KK jauh lebih mudah dan lebih dekat lokasi tempat tinggal masing-masing,“ tambahnya.

Walikota mengatakan, sesuai surat edaran Mendagri nomor 472.11/5111/SJ tentang dispensasi pelayanan pencatatan kelahiran, Pemerintah Kota Binjai akan memperpanjang waktu pencatatan kelahiran yang terlambat hingga 31 Desember 2011.

Untuk itu kepada kepala lingkungan, tokoh masyarakat, pengurus PKK, lurah dan camat, agar membantu menyebarluaskan informasi ini kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan waktu setahun ini mengurus akte kelahiran yang terlambat.

Pada kesempatan tersebut Walikota menyerahkan nomor induk kependudukan (NIK) kepada lima warga yang mewakili tiap kecamatan.

Walikota dan rombongan juga meninjau langsung pembuatan KTP secara online di kantor Camat Binjai Utara.

Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Iswan mengatakan, untuk mendukung pembuatan KK dan KTP online, pihaknya menugaskan enam orang staf di masing-masing kantor camat. [hmt/man]

Filed in: Artikel Berita

Recent Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.