Comments Off

e-KTP Jakarta – Target 6,7 sd 7 Juta warga memiliki e-ktp

e-KTP Jakarta
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berencana menerapkan program Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik yang dilengkapi chip di seluruh daerah di Indonesia mulai tahun ini. Kemendagri juga memilih Provinsi DKI Jakarta sebagai provinsi pertama yang akan menerapkan sistem ini. Dipilihnya DKI Jakarta bukan tanpa alasan. Sebab, sebelumnya Pemprov DKI Jakarta telah memberlakukan KTP Elektronik di wilayahnya. Karenanya, akan ada sekitar 7 juta warga ibu kota yang akan memiliki KTP Elektronik berbasis Chip dan ditargetkan program tersebut akan rampung akhir tahun ini.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, penerapan KTP dengan sistem elektonik chip memang sejak lama sudah disiapkan Pemprov DKI Jakarta. Tujuannya, dalam rangka tertib data administrasi kependudukan di Jakarta. “Kami siap menerapkan KTP elektronik berbasis chip ini. Sehingga bisa mencegah penggandaan KTP,” ujar Fauzi Bowo di Balaikota, Kamis (5/5).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Franky Mangatas Pandjaitan menuturkan, penerapan KTP elektronik berbasis chip merupakan program nasional dan mulai diterapkan tahun ini juga, khususnya di DKI Jakarta. Nantinya, dalam KTP model baru ini terdapat nama, alamat, tempat tanggal lahir, foto digital, sidik jari dan nomor induk kependudukan nasional (NIK).

“Data dalam chip itu akan online dengan data kependudukan di daerah lainnya di Indonesia. Jadi, ketika ada yang ingin mengurus KTP atau memperpanjang KTP namun nama dan datanya masih terdaftar di daerah lain, maka orang itu harus memilih mematikan KTP di daerah sebelumnya atau memibuat di daerah yang baru,” ujar Franky, Kamis (5/5).

Dipilihnya DKI Jakarta sebagai provinsi pertama yang menerapkan KTP elektronik berbasis chip, dijelaskan Franky, dikarenakan proses persiapan data warga secara elektronik dan online di seluruh kelurahan telah mencapai 90 persen. “Sehingga saat KTP elektronik berbasis chip ini diterapkan, kami hanya tinggal memindahkan datanya saja. Saat ini ada sekitar 6,7 sampai 7 juta penduduk Jakarta yang memiliki KTP DKI Jakarta dan akan diubah menjadi KTP elektronik berbasis chip,” paparnya.

Untuk penyiapan peralatan maupun penyimpanan data dan kartu eletronik chip, dikatakan Franky, semuanya telah disiapkan pemerintah pusat. Diharapkan, akhir Mei nanti secara bertahap peralatan dan kartu sudah dikirimkan ke 267 kelurahan di Jakarta.

Dinas Dukcapil DKI Jakarta optimis, sekitar 7 juta penduduk DKI Jakarta nantinya akan memiliki KTP elektronik berbasis chip hingga Desember 2011 nanti. Rasa optimisme ini mengacu pada kinerja KTP mobile yang dalam satu hari dapat mengurus sekitar 250 KTP.

Jakarta.go.id

Filed in: Artikel Berita Tags: , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.