Comments Off

Sosialisasi e-KTP di Kota Bogor Belum Merata

BOGOR (Pos Kota) – Sosialisasi program Elektronik KTP (e-KTP) yang dicanangkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor hingga kini belum merata ke setipa kelurahan. Padahal 2012 pelaksanaan e-KTP sudah diberlakukan.

Lurah Baranangsiang Iskandar, mengaku belum mendapat informasi soal penyelenggaraan dan teknis e-KTP. “Kami belum tahu kapan di sosialisasikan di Baranangsiang. Mungkin koordinasinya baru d tingkat kecematan,” katanya, Rabu.

Berbeda dengan Baranangsiang, sosialisasi e-KTP di Kelurahan Tanah Sareal sudah terjadwal. Rencananya, sosialisasi dilakukan di kantor kelurahan itu pada 24 Mei mendatang. “Dari Disdukcapil sosialissi e-KTP dilakukan 24 Mei di Kantor Kelurahan Tanah Sareal dan informasi ini sudah kami sebarluaskan ke RT dan RW,” kata Lurah Tanah Sareal, Riana Riska Dewi.

Kasi Informasi Disdukcapil Kota Bogor Syafira mengaku, pihaknya diberi tugas mensosialisasikan e-KTP sampai Desember 2011. “Pelaksanaannya pada 2012 nanti. Sekarang kita menyusun langkah langkah sosialisasi dan belum semua kelurahan mendapatkan jadwalnya,” ujarnya.

Menurut dia, Oktober hingga Desember 2011 penyuluhan penggunaan e-KTP diharapkan sudah tuntas di Kota Bogor. “Untuk menyosialisasikannya, kami butuh dukungan dari semua pihak termasuk media,” katanya.

Program e-KTP, selain sebagai identitas diri juga berlaku di seluruh wilayah tanah air. Artinya, pemegang e-KTP tak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusanizin, pembuatan akta tanah, dan sebagainya. “KTP elektronik juga mencegah KTP ganda,” klatanya. (iwan/dms)

Filed in: Artikel Berita Tags: , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2014 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.