Comments Off

Jakpus Tuntaskan Sosialisasi E-KTP

JAKARTA, KOMPAS.com — Subdinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Pusat (Jakpus) telah menuntaskan sosialisasi kartu tanda penduduk elektronik atau E-KTP. Sosialisasi di delapan wilayah kecamatan di wilayah Jakarta Pusat tersebut berakhir dengan kunjungan tim kerja ke Kecamatan Kemayoran.

“Sosialisasi di delapan kecamatan sudah selesai. Terakhir, kemarin di Kemayoran,” kata Alin, Kepala Subbagian Tata Usaha Sudin Dukcapil Jakpus kepada Kompas.com di ruang kerjanya, Jumat (1/7/2011).

Sosialisasi E-KTP di tiap kecamatan menghadirkan para ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat. Sementara, dari tim kerja pemerintah terdiri dari personel Dinas Dukcapil DKI, Subdin Dukcapil Jakpus, dan tim teknis yang khusus menangani pembuatan dan pelayanan E-KTP.

“Sekarang kami tinggal mengharapkan apa yang sudah kami terangkan dapat disampaikan secara jelas oleh para wakil warga kepada masyarakat di wilayah masing-masing,” tutur Alin.

Setelah sosialisasi tuntas, proses selanjutnya adalah pemutakhiran data kependudukan yang ditangani langsung Dinas Dukcapil.

Ia optimistis, target peluncuran KTP yang berlaku secara nasional untuk warga Jakarta akan memenuhi target. Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan (Ditjen Adminduk) Kementerian Dalam Negeri menargetkan peluncuran E-KTP di 197 wilayah kabupaten/kota se-Indonesia bisa digulirkan mulai Agustus 2011. Selain berlaku secara nasional, tiap warga akan memperoleh nomor induk kependudukan (NIK) yang berlaku seumur hidup.

Filed in: Artikel Berita Tags: , , , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.