Comments Off

Pemerintah bagi peralatan e-KTP ke Jatim

SURABAYA: Sedikitnya 12 pemerintah kabupaten dan pemerintah kota di Jawa Timur mendapatkan peralatan untuk menunjang pembuatan e-KTP yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Kepala Bidang Kependudukan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim, Edy Irianto mengatakan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri segera membagikan peralatan untuk pembuatan e-KTP itu.
“Jadi untuk tahap awal baru 12 kabupaten/kota yang mendapatkan bantuan peralatan e-KTP itu, sisanya segera menyusul untuk mendapatkan bantuan peralatan serupa. Rencananya peralatan itu akan terdistribusi pada akhir Juli 2011,” katanya, hari ini.
Dia mengatakan peralatan itu akan dibagikan kepada seluruh kecamatan pada ke 12 daerah tersebut yang meliputi 2 unit perangkat untuk pengambilan data baik itu sidik jari maupun iris mata (detail mata, red).
“Detailnya setiap kecamatan pada ke-12 daerah itu akan mendapat dua perangkat alat sidik jari dan perekam iris mata. Adanya kedua data ini, nantinya menjadi kunci utama tidak adanya KTP ganda di Indonesia,” tegasnya.
Ke-12 daerah yang mendapat bantuan peralatan e-KTP itu yaitu  Pemkot Batu, Pemkot  Blitar, Pemkot Kediri, Pemkot Madiun, Pemkot Malang, Pemkot Mojokerto, Pemkot Pasuruan, Pemkot Surabaya, Pemkab Sampang, Pemkab Ngawi, Pemkab Pemekasan, dan Pemkab Sidoarjo.
Edy menjelaskan sisanya yaitu satu Pemkot Probolinggo dan 25 Pemkab lainnya akan menerima peralatan serupa pada 2012 mendatang.
“Meski yang menerima hanya 12 kab/kota, namun pada kenyataannya Pemprov Jatim telah menyatakan daerah yang siap menerapkan e-KTP ada 16 daerah [Permkot/Pemkab],” tegasnya.
Secara khusus Edy menegaskan pelaksanaan e-KTP pada 2011 ini merupakan pekerjaan yang relatif berat, karena pelaksanaannya hanya diberikan tengat waktu sekitar 100 hari.
“Posisi saat ini sedang dilakukan pengadaan perangkat kerasnya. Kalau perangkat lunaknya sudah ada, sudah dipersiapkan dari Kementerian Dalam Negeri. Sedangkan, perangkat keras masih dalam posisi pengadaan. Karena penetapan pemenangnya baru beberapa pekan lalu,” ujarnya.(mmh)

Bisniscom

Filed in: Artikel Berita Tags: , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.