Comments Off

Sistem e-KTP Tangerang Tunggu Alat dari Depdagri

Program penerapan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kota Tangerang masih  terus melakukan persiapan-persiapan dan langkah-langkah untuk menunjang program tersebut. Persiapan yang dilakukan Pemkot Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) saat ini adalah mulai dari SDM hingga menunggu peralatan penunjang yang rencananya akan dikirim oleh pemerintah pusat.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang,  Rina Hernaningsih mengatakan saat ini pihaknya tengah menunggu peralatan penunjang dari Departemen Dalam Negeri.

”Kami masih menunggu peralatan tersebut dan rencananya akan dikirim pada pertengahan Juli ini,” ungkap Rina. Rina menambahkan, peralatan penunjang tersebut meliputi mesin sidik jari, foto, alat untuk tanda tangan dan komponen pendukung untuk biodata.  ”Alat-alat ini semuanya dari pemerintah pusat,” ujar mantan Kepala Dinas Indagkopar Kota Tangerang ini.

Saat ini pihaknya diberi tugas dan tanggung jawab dari Mendagri untuk menginput data seluruh penduduk Kota Tangerang.  Data itu, nantinya akan terintegrasi secara online ke pusat dan langsung diolah di tempat yang sama. Karena itu, lanjut Rina, pihaknya segera mengundang warga untuk mendatangi kelurahan, menginput data warga dengan alat yang dipinjamkan dan dihibahkan oleh pemerintah pusat untuk pengolahan data.

Setelah proses input data selesai, nantinya e-KTP akan kembali diserahkan ke kelurahan masing-masing, kemudian warga dapat mengambilnya langsung ke masing-masing kantor kelurahan. “Dengan begitu, database ini akan terintegrasi secara nasional sehingga kasus KTP ganda pun dapat diminimalisir. “Pemberlakuan e-KTP, diharapkan dapat mencegah terjadinya penggandaan kartu identitas.

Selain itu, e-KTP mengantisipasi pendatang gelap sebagai tindak lanjut pencegahan aksi terorisme. Kalau sistem ini berhasil, tentunya data penduduk lebih aman dengan adanya sidik jari, dan itu bisa mendukung peningkatan keamanan untuk mencegah terorisme,” pungkasnya. (dini)

Filed in: Artikel Berita Tags: , , , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.