Comments Off

Antusiasme masyarakat terhadap e-KTP tinggi, sabtu minggu pelayanan e-ktp buka



TEMPO/Tony Hartawan

Pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat, tetap berjalan seperti biasa pada Sabtu, 13 Agustus 2011. Bahkan antusiasme masyarakat terlihat lebih tinggi dari hari biasa.

Sebelum pukul 07.00 WIB, puluhan orang sudah terlihat mengantre mengambil nomor urut. Esan Suwono, 50 tahun, warga RT 08 RW 01 yang datang pukul 06.30 WIB bahkan sudah dapat nomor urut di atas 70. “Padahal saya pikir sudah datang lebih pagi,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kelurahan Menteng.

Esan yang sudah mengantre dari pagi baru terlayani oleh petugas sekitar pukul 10.30 WIB. Namun meski menunggu lama, Esan mengaku puas dengan pelayanan petugas. “Semua proses berlangsung cepat dan tidak bertele-tele,” kata dia.

Suratinah, 54 tahun, warga RT 09 RW 01, juga tampak antusias mengikuti pembuatan e-KTP meski dia mengaku tidak tahu untuk apa ada penggantian KTP tersebut. “KTP saya padahal baru dua tahun, tapi ya kata warga harus ganti KTP, ya saya ikut saja,” ujarnya.

Dalam pemahaman wanita ini, pembuatan e-KTP untuk memeriksa warga, yakni memeriksa mata dan sidik jari. “Enggak tahu saya diperiksa-periksa saja. Padahal kan dulu buat KTP enggak seperti itu ya,”  ujarnya. Namun dia mengaku senang bisa ikut program ini. Apalagi, katanya, kelak kalau sudah punya e-KTP bisa lebih mudah dapat bantuan.

Operator pembuatan e-KTP Kelurahan Menteng, Dina, menyebutkan akan tetap melayani pembuatan e-KTP pada hari Sabtu dan Minggu. “Pelayanan seperti biasa dari jam tujuh sampai lima sore,” ujarnya.

Petugas hanya membuka hingga 150 nomor antrean setiap harinya. “Setelah itu siapa pun warga yang datang akan dilayani.” Kebijakan ini, menurut Dina, sengaja dibuat untuk memberi kesempatan pada warga yang tidak bisa datang pada tanggal pemanggilan pada undangan.

IRA GUSLINA -Tempo

Filed in: Artikel Berita Tags: , , , , , , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 6049 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.