Comments Off

Warga Jakarta Mulai Bikin E-KTP

Tempo/Tony Hartawan

Puluhan warga ramai-ramai memenuhi undangan Kelurahan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, untuk membuat kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) kemarin. “Hari ini (9 Agustus 2011) kami undang 35 warga. Besok akan bertambah menjadi 70,” kata Wakil Lurah Mampang Prapatan, Junaedi, kemarin.

Junaedi mengatakan pembuatan e-KTP lancar. Hanya beberapa warga yang tidak memenuhi undangan. Beberapa di antaranya sudah pindah rumah, ada juga yang meninggal. Pembuatan e-KTP ini sekaligus dimanfaatkan untuk memutakhirkan data warga. Ma’aruf, 48 tahun, warga Mampang, mengatakan proses pembuatan e-KTP lebih cepat dan praktis daripada KTP biasa.

Kelurahan Cikoko juga sudah mulai membuat e-KTP kemarin. “Sampai siang ini sudah ada 49 warga. Target kami hari ini bisa mendata 70 warga,” ujar Sekretaris Kelurahan Cikoko, Kardi.

Kelurahan Mampang dan Cikoko merupakan kelurahan percontohan pembuatan e-KTP di Jakarta Selatan.Targetnya, dalam 100 hari kerja, Cikoko akan mendata sekitar 9.600 warga, sedangkan Mampang 15 ribu orang.

Adapun di Kelurahan Tomang, pada hari pertama kemarin, dari 56 warga RT 001 RW 001 yang dipanggil, hanya 12 orang yang datang hingga pukul 13.00 WIB. Menurut Lurah Tomang Joko Mulyono, ini karena kebanyakan warga RT 001 RW 001 adalah pekerja.

Kelurahan Tomang dihuni 28 ribu jiwa, 14 ribu di antaranya wajib memiliki KTP. Seorang warga, Rahmat Hariyadi, puas dengan proses pembuatan e-KTP yang hanya lima hingga tujuh menit. “Tapi harus nunggu tiga minggu sampai kartunya jadi.” Menurut Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat Ahmad Fauzi, pemanggilan warga untuk uji coba di Tomang sudah dilakukan Senin lalu. “Senin dicoba sebelas warga, berhasil,” kata Fauzi. Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Jakarta Barat, juga sudah mulai menguji coba koneksi data dengan Kementerian Dalam Negeri. Bila jaringan stabil, kelurahan ini akan memanggil warganya.

Dari 56 kelurahan di Jakarta Barat, baru 15 kelurahan yang mendapat perangkat lengkap, yakni Rawa Buaya, Tomang, Tanjung Duren Selatan, Damar Baru, Taman Sari, Pinangsia, Duri Utara, Tanah Sereal, Angke, Pekojan, Kebon Jeruk, Kedoya Utara, Kedoya Selatan, Kota Bambu Utara, dan Kemanggisan.

ANANDA BADUDU | CORNILA DESYANA | ENDRI K – Tempointeraktif

Filed in: Artikel Berita Tags: , , , , , , , , , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.