Comments Off

E-KTP Magelang, sudah berjalan

foto : tribunews

MAGELANG– Kota Magelang mulai kemarin sudah melaksanakan program elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP). Pelaksanaan program ini serentak dilakukan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Magelang Utara, Magelang Tengah, dan Magelang Selatan.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito beserta keluarga mendapatkan kesempatan pertama dalam pembuatan e-KTP tersebut. Wali Kota melakukan proses pembuatan e-KTP di Kecamatan Magelang Tengah dan diikuti oleh sejumlah pejabat teras Pemkot Magelang lainnya.

Di antaranya Sekretaris Daerah Kota Magelang Sugiharto yang membuat e- KTP di Kecamatan Magelang Utara,Ketua DPRD Kota Magelang Hasan Suryoyudho di Kecamatan Magelang Selatan bersama sejumlah anggota Dewan lainnya. ”Mulai hari ini (kemarin) Kota Magelang melakukan program e-KTP yang merupakan program dari pemerintah pusat. Harapannya, program ini berjalan lancar,” kata Wali Kota Magelang Sigit kemarin.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Magelang Lukman Zakaria mengatakan, di kota ini pada Juli 2011 tercatat ada 97.619 orang yang wajib mempunyai KTP. Sementara jumlah kartu keluarga (KK) sebanyak 39.139 KK. Terkait pembuatan e-KTP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Magelang sudah mendistribusikan alatnya ke tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Magelang Utara (dua alat), Magelang Tengah (tiga alat), dan Magelang Selatan (dua alat). Jumlah alat yang dikirim ke kecamatan sesuai yang dikirim pemerintah pusat.

”Di setiap kecamatan seharusnya tersedia tiga alat, tetapi kita baru di kirim dari pusat tujuh alat, termasuk untuk ditempatkan di kantor dinas. Untuk yang ada di kantor dinas, sementara diambil untuk Magelang Tengah,”kata Lukman. Selain alat pembuatan e- KTP di kecamatan, nanti juga akan ada e-KTP Mobile.Warga yang tidak bisa datang ke kecamatan karena sakit atau sudah lanjut usia, maka petugas mendatanginya sambil membawa alat itu. Sayangnya, sampai saat ini alat itu juga masih belum dikirim pemerintah pusat. Pelaksanaan program ini ditargetkan selesai akhir Desember 2011.

Untuk pelayanan dilaksanakan Senin–Minggu. Mulai Senin–Sabtu jam pelayanan dibuka mulai pukul 08.00–16.00 WIB. Khusus pada Minggu dari pukul 08.00–- 12.00 WIB saja.”Kita menarget satu alat bisa mengakomodasi 105 orang wajib KTP setiap hari dengan rata-rata waktu pelayanan empat menit per orang. Jadi kalau alat sudah lengkap (tiga alat tiap kecamatan), setiap hari bisa melayani 315 orang,”paparnya. Seperti diketahui, proses pembuatan e-KTP terdapat beberapa tahapan.

Mulai dari undangan untuk wajib KTP,verifikasi data sampai proses perekaman. Untuk tahap perekaman, para wajib KTP diambil sidik jari, tanda tangan,pengambilanfoto, sertapengambilaniris mata. m abduh

Harian Seputar Indonesia

Filed in: Artikel Berita Tags: , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2014 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.