Comments Off

Mulai Hari Ini, e-KTP Berlaku di Banda Aceh

Banda Aceh, (Analisa). Mulai hari ini, Rabu (21/9), Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh akan mulai memberlakukan pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di 90 gampong (desa-red) di Banda Aceh. Proses pembuatannya dilakukan di kantor camat masing-masing.

Walikota Banda Aceh, Mawardy Nurdin mengatakan, pihaknya akan meluncurkan program e-KTP meski khusus di Kecamatan Koetaraja belum bisa dilaksanakan. Namun, 8 kecamatan lainnya telah siap melakukan program ini. “Besok (hari ini-red) kita akan luncurkan di Kecamatan Kuta Alam,” ujar Walikota kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (20/9).

Dikatakan, dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Pemko Banda Aceh saat ini, juga sudah sangat siap menjalankan program tersebut.

Karena dari seluruh daerah yang ada tergolong yang paling siap menerapkan e-KTP dan dapat online langsung dengan Jakarta.

Penerapan e-KTP di Banda Aceh sebelumnya sempat tertunda pelaksanaannya sampai beberapa kali. Pertama direncanakan pada bulan Juli, lalu diundur jadi Agustus. Pengunduran penerapan e-KTP ini karena perangkat pendukung belum tersedia.

Sebelumnya, Wakil Walikota Banda Aceh mengatakan penerapatan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau (e-KTP) di Kota Banda Aceh masih terkendala soal perangkat, sehingga program yang direncanakan mulai berlaku pada 18 Agustus 2011, belum terealisasi.

“Pelayanan penerapan e-KTP segera kita dilaksanakan, bila semua perangkat sudah dapat dioperasikan, bahkan saat ini tim konsorsium dari Kementerian Dalam Negeri juga tengah melakukan pemasangan koneksitas dari server ke komputer-komputer,” ujarnya.

Program E-KTP yang berlaku seumur hidup ini merupakan salah satu bentuk pelayan prima kepada masyarakat Kota Banda Aceh, karena dengan berlakunya E-KTP nanti akan berdampak pada berkurangnya individu memiliki KTP ganda serta berkurangnya bentuk-bentuk kolusi dan sebagainya. (irn)

Harian Analisa

Filed in: Artikel Berita Tags: , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2014 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.