Comments Off

Peralatan e-KTP Sudah Disebar ke 197 Kabupaten/Kota

kompas

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, seluruh peralatan untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP sudah terdistribusi ke 197 kabupaten/kota di hampir seluruh provinsi.

Jumlah itu, kata Gamawan, sudah sesuai dengan kesepakatan antara Dewan Perwakilan Rakyat dan Kemendagri. Peralatan untuk 300 kabupaten/kota lainnya, lanjut dia, akan didistribusikan tahun 2012 .

Demikian dikatakan Gamawan sebelum rapat kerja dengan Komisi II DPR, Senin (19/9/2011). Gamawan menjelaskan itu untuk menjawab pemberitaan di media mengenai belum diterimanya peralatan di berbagai daerah.

“Jadi jangan ada bilang, di tempat saya belum masuk (peralatan). Itu mungkin (didistribusikan) tahun depan,” kata Gamawan.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Donny Moenek mengatakan, dari 197 kabupaten/kota itu, peralatan di 127 kabupaten/kota sudah terpasang, termasuk di Jakarta. Sebagian sudah melayani pemindaian sidik jari, retina mata, dan pengisian biodata. Adapun sisanya sedang dalam pemasangan.

Menurut Gamawan, pihaknya sudah membersihkan sebanyak 7,2 juta data ganda dengan sistem nomor induk kependudukan (NIK). Gamawan membantah ada NIK ganda sebesar 10.000 di Pekan Baru, Riau. Menurut dia, data itu sebelum diberlakukan NIK. “Data di Pekan Baru itu data lama sebelum diverifikasi,” pungkasnya.

KOMPAS.COM

Filed in: Artikel Berita Tags: , , , , , , , , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.