Comments Off

Walikota Medan Launching E-KTP

Medan, (Analisa). Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap,MM didampingi Wakil Walikota Medan Drs H Dzulmi Eldin S,MSi, Sekda Medan Ir Syaiful Bahri, Kepala Dinas Kependudukan Kota Medan Drs Darussalam Pohan, para pimpinan SKPD,camat dan lurah melaunching KTP Elektronik (e-KTP) di Kota Medan, Senin (18/9) di halaman Kantor Camat Medan Deli.

Walikota Medan mengatakan dalam rangka memberikan pelayanan publik kepada masyarakat sebagai program nasional. Untuk mendukung program e-KTP dimulai dengan pemutahiran data kependudukan sesuai amanat UU Nomor 23 tahun 2006 dan peraturan Presiden Nomor 6 tahun 2009. Dari hasil pendataan yang dilakukan penduduk Kota Medan berjumlah 2,8 juta jiwa. Sedangkan yang wajib KTP, 2.170.400 jiwa. Rinciannya, perempuan wajib memiliki e-KTP 1.082.744 jiwa dan pria 1.087.656 jiwa.

Menurut Rahudman, manfaat dari e-KTP ini tidak lain untuk menutup kemungkinan adanya KTP ganda bagi masyarakat, dengan adanya e-KTP ini tidak dapat lagi masyarakat memiliki KTP ganda.

Selain itu, adanya e-KTP juga bisa mencegah terjadinya aksi terorisme, karena selama ini banyak teroris yang kerap menggandakan KTP.

Walikota melaunching e-KTP di empat Kecamatan yakni Kecamatan Medan Deli, Kecamatan Medan Tuntungan, Kecamatan Medan Sunggal dan Medan Kota. ” Launching e-KTP ini hanya satu kali aja. Ini yang pertama dan terakhir. Bagi Kecamatan-kecamatan lain hanya tinggal memberlakukannya. ,” katanya.

Walikota mengharapkan kepada masyarakat yang mendapat undangan dari camat dalam pembuatan e-KTP ini, agar dapat memenuhinya, hanya itu saja, mengenai biaya semuanya gratis, tidak ada dikenakan biaya. Walikota Medan minta kepada Pokja yang diketua Sekda, camat. lurah dan kepala lingkungan agar tetap mendukung program ini, sehingga tidak menjadi bermasalah di kalangan masyarakat Medan.

Selanjutnya Walikota minta pengawasan dari masyarakat, LSM, wartawan agar program nasional ini berjalan lancar. ” Tidak ada istilah dipersulit” ungkap walikota.

Walikota minta kepada camat, lurah dan kepala lingkungan bila ada masalah mengenai proram e-KTP segera melaporkan kepada Pokja guna dicarikan solusinya, bila tidak dilaporkan camat dan lurah harus bertanggungjawab terhadap persoalan itu dan bagi camat dan lurah yang berhasil menjalankan program ini dengan baik.

Bervariasi

Kepala Dinas Kependudukan Kota Medan Drs Darussalam Pohan menjelaskan seluruh Camat di Kota Medan telah mendapat alat pembuatan e-KTP hanya saja ada yang satu set, dan ada dua set.

Pembuatan e-KTP belum dapat dilakukan sekarang ini di 21 Kecamatan berhubungan yang menjadi kendala mengenai jaringan. Pembuatan e-KTP secara global, masyarakat hanya menunggu undangan dari Camat. Keterlibatan Dinas Kependudukan kota Medan dalam pembuatan e-KTP ini hanya mengentri saja sementara mengoutputnya di pusat. Lamanya pembuatan e-KTP ini sekitar dua bulan baru selesai.

Camat Medan Deli, Hj Yusdarlina, S.Sos mengatakan pada launching e-KTP hari pertama masyarakat yang diundang seharusnya 150 orang, tapi karena acara pembukaan hanya 50 orang saja yang diwajibkan datang. Sekitar 100 dilanjutkan besok(hari ini, Selasa-red).

Pantauan Analisa pengurusan e-KTP diawali dengan masyarakat datang dengan membawa kertas undangan. Mengambil nomor antrian dan melakukan proses foto, sidik jari, dan tandatangan elektrik. (maf/maa)

Harian Analisa

Filed in: Artikel Berita Tags: , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.