Comments Off

e-KTP Kab. Agam, 22% penduduk terdata dalam waktu 2 Minggu


Foto oleh : padangekspres.co.id

Program e-KTP di Kabupaten Agam berlangsung sejak awal Oktober lalu berjalan sukses dan lancar. Sejauh ini, tak ada hambatan berarti yang berpotensi mengganggu jalannya pelayanan terhadap masyarakat, terutama proses entry data dan proses rekam data, serta foto masyarakat wajib ber-KTP.
Hingga kemarin (19/10), dari total penduduk Kabupaten Agam wajib ber-KTP mencapai  366.494 jiwa, sudah terlayani 81.996 jiwa atau sekitar 22,37 persen tersebar di 16 kecamatan. Diproyeksikan, sampai akhir Desember 2011 seluruh masyarakat akan bisa selesai di-entry data kependudukan (lihat tabel).
Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, usai di-entry datanya bersama Ny Vita Indra Catri di ruang pelayanan e-KTP kantor camat Lubukbasung kemarin, mengaku puas dan bangga menyaksikan proses pelayanan dan ketepatan proses entry data e-KTP di Kantor Camat Lubukbasung.
Bupati puas karena program e-KTP di Kabupaten Agam bisa menjadi salah satu program strategis bidang pelayanan yang kini sudah berjalan optimal, mengingat program nasional itu menjadi salah satu agenda penting yang harus dilaksanakan secara optimal. Tak hanya untuk program pendataan kependudukan, tapi juga dalam konteks pelayanan terhadap masyarakat.
Program e-KTP sendiri, sebut Indra Catri, menjadi salah satu ”pertaruhan” yang harus dijalankan secara maksimal seluruh jajaran Pemkab Agam. Terutama, jajaran Dinas Dukcapil Agam dan aparatur kecamatan. ”Ini penting sebagai basic data kependudukan yang akan dimanfaatkan untuk berbagai program yang akan dilaksanakan pemerintah guna mensejahterakan masyarakat,” sebut Indra Catri.
Indra Catri berharap program nasional tersebut bisa berjalan optimal. Pasalnya, sangat penting sebagai langkah awal dalam berbagai program dan agenda nasional yang akan dilaksanakan pemerintah. Sebab, ini semua salah satu data dasar kependudukan yang akan menjadi basis utama pelaksanaan berbagai program untuk kepentingan masyarakat luas.
Optimis Tepat Waktu
Di sisi lain, beberapa camat yang ditemui menyangkut program e-KTP mengaku optimistis program nasional e-KTP tuntas sesuai jadwal. Bahkan, saat ini mayoritas kecamatan di Kabupaten Agam, bisa melampaui target harian maksimal 200 orang yang sudah disepakati. ”Kita bisa mencapai 250 per hari, apalagi jika hari libur dan pertama masuk kerja Senin sampai Rabu,” sebut Syahrul Hamidi, Camat Ampek Nagari yang mengaku mampu menyelesaikan rekam data sekitar 27 persen dari total 19.354 jiwa wajib ber-KTP di kecamatan tersebut.

Optimistis juga ditegaskan Camat Malalak Warsito dan Camat Matur Hilton secara terpisah. Mereka melakukan terobosan berbeda untuk mendorong animo masyarakat untuk entry data e-KTP tersebut. Seperti di Malalak, camat bersama aparatur terkait menargetkan 80 hari dari 100 hari pelayanan yang ditargetkan sampai akhir Desember mendatang. Pihaknya, tidak hanya melibatkan unsur ninik mamak dan jajaran pemerintahan nagari, tapi juga menggelar iven khusus agar warga mendatangi kantor camat untuk entry data.
Khusus Kecamatan Matur, aparatur kecamatan setempat menyiagakan armada khusus untuk melayani masyarakat akan mengurus e-KTP. ”Terutama, warga yang bermukim di nagari yang cukup jauh dari kantor camat. Kita siapkan energi khusus untuk e-KTP,” sebut Hilton.

Animo Masyarakat Tinggi
Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Agam Fauzir Munaf menyebutkan, dalam program e-KTP yang dilaksanakan sejak tanggal 3 Oktober lalu, pihaknya sudah menyiapkan berbagai perangkat pendukung, termasuk sarana yang bisa memberi keringanan dalam melayani masyarakat.
Selain armada cadangan antar-jemput masyarakat, pihaknya juga mencadangkan personel khusus yang siap melayani masyarakat secara maksimal. Bahkan, hari libur pun masyarakat akan dilayani. ”Kita optimis e-KTP di Agam selesai sesuai target, karena intensitas pelayanan dan animo masyarakat  pun sangat tinggi,” sebutnya.
Dukcapil Agam sendiri, ulas Fauzir Munaf, sudah melakukan pemetaan dan evaluasi rutin dengan setiap saat memantau pergerakan entry data di lapangan. ”Kondisi terkini, kita optimis tetap waktu,” sebutnya. (adv)

Sumber padangekspres.co.id

Filed in: Artikel Berita Tags: , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.