Comments Off

E-KTP Surabaya Serentak di 31 Kecamatan

Foto Oleh : Media Indonesia

SURABAYA–MICOM: Setelah sempat terhenti karena peralatan, program E KTP untuk warga Surabaya, Kamis (3/11), secara serentak dimulai lagi di 31 Kecamatan di Surabaya.

“Ditargetkan dalam waktu sebulan, 2.245.474 penduduk Surabaya sudah melengkapi datanya di kecamatan masing,” kata Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Anton Tarayudha di Surabaya, Kamis.

Menurut Anton, sosialisasi sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Pelaksanaan perekaman data untuk keperluan e-KTP dijadwalkan November hingga Desember nanti.    Selanjutnya, rekaman data itu akan dikirimkan ke pusat untuk dibuatkan e-KTP yang telah dilengkapi chip. Rencananya, e-KTP sudah diberikan ke masyarakat pada Maret atau April 2012.

Meski perekaman data e-KTP efektif baru berjalan awal November ini, uji coba sudah dilakukan sejak pekan lalu. Ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaannya tidak menyulitkan petugas kecamatan. Seperti, yang dilakukan di Kecamatan Tegalsari yang sudah mengundang penduduknya untuk melengkapi data sejak Rabu 26 Oktober lalu.

Untuk E-KTP ini, pemerintah kabupaten/kota dijanjikan tambahan peralatan untuk keperluan e-KTP pada 15 November 2011. Surabaya mendapat tambahan 102 peralatan dari Pemerintah Pusat.

Untuk keperluan e-KTP, masing-masing kecamatan membutuhkan seperangkat komputer, kamera, pemindai iris mata, alat sidik jari, dan pemindai tanda tangan.

Ketentuannya, untuk kabupaten/kota dengan penduduk diatas 60ribu orang harus mendapat tambahan peralatan. Sedangkan, Surabaya memiliki 2.245.474 orang penduduk wajib KTP.

Menurutnya, sejak 26 Oktober 2011, peralatan sudah diterima kecamatan. Hanya saja, setiap kecamatan mendapat jatah 2 unit untuk masing-masing item.

“Nanti ada tambahan lagi dari pusat, 102 alat akan dikirim sebelum 15 November,” ujarnya. (FL/OL-10)

Sumber : Media Indonesia

Filed in: Artikel Berita Tags: , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.