Comments Off

1 Juta e-KTP Siap Didistribusikan ke Warga DKI

foto by : The Jakarta Globe

Beritasatu.com Sejak diselesaikan pembuatannya pada April 2012, hingga saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta telah berhasil mencetak tiga juta electronic-KTP (e-KTP) yang siap didistribusikan kepada warganya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Purba Hutapea mengatakan, hingga saat ini sejumlah satu juta e-KTP telah diterima oleh warga ibukota.

“Proses pendistribusian itu kan dipanggil lagi warganya ke kelurahan, karena ada verifikasi sidik jari, dan dalam prosesnya banyak warga yang dipanggil tidak datang,” kata Purba, hari ini.

Untuk mengantisipasi proses pendistribusian yang terhambat tersebut Disdukcapil menggunakan dua cara. Yang pertama, mendatangi langsung para warga tersebut ke tempat tinggalnya mereka masing-masing.

“Yang kedua, bisa dititipkan atau diwakilkan oleh pihak lain, asalkan yang mewakilkan tersebut dapat menunjukkan Kartu Keluarga asli milik yang bersangkutan,” jelasnya.

Di sisi lain, Purba mengakui adanya keterlambatan pencetakan ini disebabkan karena masih terbatasnya alat cetak yang saat ini hanya dimiliki sebanyak 88 unit saja. “Sedangkan kita butuh 267 unit atau paling tidak satu unit pada tiap kelurahan,” katanya.

Lantaran hal tersebut, pada 3 September mendatang, akan dilakukan kembali pelelangan terkait pengadaan 179 unit alat pencetakan tambahan yang akan ditetapkan sekaligus bersama pemenang lelangnya pada hari yang sama, dengan estimasi biaya mencapai Rp13 miliar. “Jadi sekitar sebulan lagi alatnya baru bisa datang,” kata Purba.

Penulis: Ronna Nirmala/ Ratna Nuraini
Filed in: Artikel Berita Tags: , , , ,

Related Posts

Bookmark and Promote!

© 2019 e-KTP , KTP Elektronik Indonesia. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.